Postingan update

Capaian elemen Informatika Fase D

Berfikir Komputasional (BK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. menerapkan berpikir komputasional untuk 
  2. menghasilkan beberapa solusi dalam 
  3. menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan 
  4. mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate) 

Tehnologi Informasi Komunikasi (TIK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. menerapkan praktik baik dalam 
  2. memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban untuk pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan 
  3. memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data.

Sistem Komputer (SK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang 
  2. membentuk sebuah sistem komputasi, serta 
  3. menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.

Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. memahami konektivitas jaringan lokal, 
  2. komunikasi data via ponsel, 
  3. konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet).

Analisis Data (AD)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk 
  2. menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan 
  3. menggunakan perkakas TIK atau manual.

Algoritma dan Pemrograman (AP)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. memahami objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual) untuk 
  2. mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, 
  3. mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), 
  4. menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, dan 
  5. mengenal pemrograman tekstual sederhana.

Dampak Sosial Informatika (DSI)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. memahami ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, 
  2. memahami keterbukaan informasi, 
  3. memilih informasi yang bersifat publik atau privat, 
  4. menerapkan etika dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.

Praktik Lintas Bidang (PLB)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu 

  1. bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, 
  2. mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan masyarakat serta 
  3. mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis.


Komentar